1. Apa itu Yayasan PULIH?

Yayasan PULIH adalah lembaga non profit yang berbasis masyarakat yang didirikan untuk menjawab keperluan akan layanan psikologis yang terjangkau.

2. Siapa saja yang ada di Yayasan PULIH?

Klik disini

3. Apa saja program yang dijalankan Yayasan PULIH?

Klik disini

4. Apa bentuk kerjasama dengan Yayasan Pulih?

Yayasan Pulih sering bekerjasama dengan berbagai lembaga lain untuk memberikan pelayanan psikoedukasi berupa seminar, pelatihan, semiloka/workshop yang berkaitan dengan isu kerja Yayasan Pulih secara spesifik maupun isu psikologis lain secara luas. Selain itu Yayasan Pulih juga memberikan pelayanan program care for caregiver atau perawatan diri bagi pekerja kemanusiaan, yang dapat dibentuk sesuai kebutuhan.

5. Saya mencari psikolog yang mampu memberikan pelatihan atau menjadi narasumber, apakah Yayasan PULIH bisa menyediakannya? Dan topik-topik apa saja yang bisa diberikan?

Ya, di Yayasan PULIH memiliki psikolog mitra dan fasilitator muda yang sudah mendapat pelatihan mengenai isu-isu yang menjadi fokus kerja Pulih.

Topik yang selama ini biasa kami sampaikan: Penanganan KDRT, Relasi yang sehat, Pacaran tanpa kekerasan, pengasuhan anak tanpa kekerasan, pengasuhan yang berspektif gender, pendidikan seksual pada anak dan remaja, penanganan kekerasan seksual, melibatkan laki-laki dan anak laki-laki dalam pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta beberapa tema lainnya.

6. Bagaimana cara bekerjasama dengan Yayasan Pulih untuk dilibatkan sebagai fasilitator pelatihan atau narasumber?

Kerjasama dapat dilakukan dengan menghubungi Sekretariat Yayasan Pulih di nomor 021-78842580 atau 081283481128 atau emaill ke pulihfoundation@gmail.com atau ke admin@pulih.org

7. Apa itu Klinik Yayasan PULIH?

Klinik adalah bagian dari dari Yayasan PULIH yang diperuntukkan sebagai fasilitas layanan bagi masyarakat umum yang membutuhkan konsultasi psikologis. Yang memberikan pelayanan konsultasi psikologis di klinik Yayasan PULIH. Para psikolog terdiri dari berbagai bidang, baik klinis dewasa, klinis anak, maupun pendidikan.

8. Pelayanan apa yang dapat diberikan oleh Klinik Yayasan Pulih?

Beberapa layanan yang bisa diberikan adalah:
Konseling psikologis: yaitu layanan tatap muka antara klien dengan psikolog. Layanan ini bisa dilakukan dalam bentuk individu, pasangan, kelompok maupun keluarga.

Pemeriksaan psikologis dan Saksi Ahli: Diperuntukkan bagi klien yang dirujuk oleh lembaga yang berkepentingan dalam bidang hukum untuk membantu proses hukum yang dijalani oleh klien.

Pendampingan psikologis: Adalah layanan pendampingan yang diperuntukkan bagi klien yang sedang menjalani proses hukum dan memerlukan penguatan psikologis untuk membantunya mangatasi kondisi yang sedang ia jalani.

Tes Psikologi: Pelayanan tes psikologis diperuntukkan bagi klien ataupun klien rujukan untuk melakukan tes dan wawancara psikologis untuk memenuhi berbagai kebutuhan seperti kebutuhan akademik seperti tes bakat dan minat, maupun untuk kebutuhan perusahaan seperti asesmen kepribadian.

Konseling email: yaitu layanan konsultasi permasalahan psikologis melalui media elektronik yaitu email yang akan dijawab oleh psikolog secara berkala.

9. Kasus-kasus apa saja yang bisa ditangani di Klinik Yayasan PULIH?

Klinik Yayasan PULIH menerima berbagai permasalahan dan kasus seperti:
a. Masalah penyesuaian diri
b. Masalah pengendalian emosi
c. Masalah relasi sosial dan relasi kerja
d. Masalah relasi cinta dan pasangan
e. Masalah dalam pernikahan
f. Masalah perilaku anak
g. Masalah atau konflik keluarga
h. Penanganan trauma
i. Kekerasan terhadap perempuan (kekerasan dalam rumah tangga, kekerasan dalam pacaran, kekerasan seksual)
j. Kekerasan terhadap anak
k. Masalah yang terkait akademis dan karir/pekerjaan.

10. Adakah permasalahan yang tidak bisa ditangani di klinik Yayasan PULIH?

Untuk saat ini di Yayasan PULIH belum tersedia layanan psikiatri atau terapi farmakologi yang menggunakan obat. Bila ada klien yang membutuhkan layanan tersebut, akan kami rujuk ke psikiater.

11. Apa bedanya Pemeriksaan Psikologis dengan konseling?

Pemeriksaan psikologis adalah salah satu pelayanan psikologis dalam proses hukum yang diberikan oleh Klinik Yayasan Pulih. Pemeriksaan ini dapat dilakukan jika sudah ada surat rujukan dari pihak pendamping hukum atau lembaga berwenang terhadap kebutuhan keterangan kondisi psikologis klien akibat dari kasus atau peristiwa traumatis atau kasus kekerasan tertentu. Biasanya pemeriksaan psikologis diperlukan klien yang sedang berproses secara hukum berkaitan dengan peristiwa yang dialami. Proses ini memiliki prosedur yang khusus yang dapat diketahui dengan menghubungi klinik Yayasan PULIH secara langsung.

Sementara itu, konseling adalah pelayanan yang bertujuan untuk pemulihan. Klien dapat datang dengan rujukan atau berdasarkan keinginan pribadi untuk membantu mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi. Konseling umumnya dilakukan dengan pertemuan langsung, namun ada pula konseling online dimana klien dapat mengkonsultasikan permasalahannya lewat komunikasi email.

12. Saya ingin menyembuhkan diri dari trauma yang saya alami, berapa kali saya harus konseling sampai saya sembuh?

Pemulihan psikologis pasca kegiatan traumatik memiliki proses yang berbeda pada setiap orang, hal tersebut tergantung berbagai faktor seperti peristiwa trauma yang dialami, jangka waktu, serta faktor-faktor lainnya. Jumlah pertemuan konseling pun tidak bisa dipastikan karena perlu disesuaikan dengan prioritas kebutuhan klien sendiri.

13. Bagaimana cara menghubungi mendapat layanan psikologis dari Yayasan PULIH?

Pelayanan psikologis Klinik Yayasan Pulih dapat diakses dengan membuat perjanjian terlebih dahulu, Klien yang datang langsung belum tentu dapat dilayani langsung karena belum tersedia psikolog yang stand by setiap harinya.

Klien atau perujuk dapat menelpon atau menghubungi 021-78842580 atau 081283481128. Petugas kami akan mendata identitas dan kebutuhan klien serta menjelaskan prosedur pelayanan. Setelah itu petugas akan mencarikan psikolog serta jadwal yang sesuai, dan akan menghubungi klien kembali untuk mengkonfirmasi perjanjian tatap muka.

14. Berapa biaya untuk pelayanan psikologis di Klinik Yayasan Pulih?

Biaya kontribusi per sesi tatap muka untuk pelayanan psikologis di Klinik Yayasan Pulih adalah Rp. 100.000,- Biaya ini dapat secara fleksibel ditentukan oleh klien menurut kemampuan ekonominya. Yayasan Pulih sangat terbuka jika ada klien-klien yang memiliki kemampuan lebih untuk membayarkan lebih dari patokan tersebut, karena dapat digunakan untuk melakukan subsidi silang pembiayaan pelayanan kepada klien-klien yang tidak mampu.

15. Bagaimana kualitas psikolog Klinik Yayasan Pulih?

Semua psikolog di Yayasan Pulih memiliki Surat Ijin Praktek Psikolog (SIPP) sehingga mampu bekerja secara profesional sebagai psikolog, serta memiliki kapasitas tambahan mengenai perspektif isu HAM serta kesetaraan gender dan pemahaman mengenai isu kekerasan terhadap perempuan.

Alur Prosedur Layanan Klinik Yayasan Pulih

 

 

 

 

 

 

 

 

Catatan:
Untuk kasus dari jaringan, tetap dikenai biaya administrasi
Untuk pemeriksaan psikologis: harus rujukan dari lembaga/institusi disertai surat permohonan dari lembaga/institusi rujukan tsb, minimal 4 kali pertemuan dan ada lembar pernyataan yang akan diisi oleh klien.