Profil Psikolog Mitra Yayasan Pulih

Jane L. Pietra, menyelesaikan S1 di Universitas Indonesia lalu melanjutkan kembali di Universitas yang sama untuk mengambil konsentrasi Profesi Klinis Dewasa. Jane bergabung dengan Yayasan Pulih di tahun 2013 dan terlibat aktif dalam berbagai pelatihan sebagai fasilitator ataupun narasumber yang di adakan oleh Yayasan Pulih maupun lembaga lainnya.Selain memiliki ketertarikan dalam bidang psikologi klinis, Jane juga memiliki ketertarikan dalam bidang psikologi komunitas, psikologi dan HAM serta berbagai isu sosial lainnya, filsafat ilmu, dan juga seni budaya. Selain sebagai psikolog di Yayasan Pulih, selama tahun 2016, pernah bertanggung jawab untuk program intervensi psikososial bagi korban pelanggaran berat HAM dan bekerja sama dengan IKa (Yayasan Indonesia untuk Kemanusiaan). Saat ini juga merupakan salah satu anggota aktif Gugus Kerja Penguatan dan Pemulihan di KKPK (Koalisi Keadilan dan Pengungkapan Kebenaran).

Nirmala Ika Kusumaningrum, M.Psi., Psikolog merupakan psikolog associate Yayasan Pulih yang mengambil kekhususan di Klinis Dewasa. Ia menggeluti bidang konseling keluarga khususnya terkait persoalan relasi di dalam keluarga. Dalam melakukan sesi terapinya, ia menggunakan pendekatan Zen, perubahan perilaku, Brainspotting, seni gambar, Teknik Capacitar dan transgenerational. Selain aktif sebagai associate di Yayasan Pulih, ia juga aktif sebagai fasilitator pelatihan, narasumber di berbagai media massa, penulis modul dan beberapa kali menjadi manager program di Yayasan Pulih. Saat ini Ika juga berpraktek di RS Pluit Jakarta Utara, dan Psycoach Integra Cikini.

Gisella Tani Pratiwi, M. Psi., Psikolog merupakan salah satu associate psikolog anak-remaja di Yayasan Pulih. Ia telah berpraktek sebagai psikolog sejak tahun 2010 dengan menangani permasalahan terkait kekerasan terhadap anak, permasalahan emosi, dan trauma pada anak.  Ia tertarik dengan isu sosial secara umum, psikososial, kesetaraan gender, pemulihan trauma terutama pada anak dan remaja, edukasi seksualitas komprehensif, pengasuhan setara gender, dan pengembangan kesehatan mental secara umum. Selain aktif di Yayasan Pulih, ia juga aktif di RSIA Bunda Aliyah Depok. Psycoach Cikini, Teruna Muda Elementary School Cibubur, Panti Asuhan Belita Tunas Jakarta Timur dan Panti Asuhan Utama Tebet. Selain itu ia juga sangat berminat pada peranan-peranan edukasi publik sebagai narasumber atau fasilitator dalam beragam bentuk seperti narasumber pada beragam bentuk acara seperti seminar atau melalui media elektronik ataupun internet.

Cantyo Atindriyo Dannisworo adalah seorang Psikolog Klinis Dewasa yang menempuh pendidikan S1 Psikologi di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya dan S2 Psikologi Profesi Klinis Dewasa di Universitas Indonesia. Saat ini ia aktif sebagai dosen Bidang Studi Klinis di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan sebagai Psikolog Klinis Dewasa di beberapa klinik di Jakarta. Kasus atau isu yang menjadi keahliannya adalah kekerasan dalam hubungan (KDRT/Kekerasan Dalam Pacaran) dan pengelolaan emosi marah (anger regulation). Pendekatan terapi yang digunakan adalah Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dan Eye Movement Desensitization and Reprocessing (EMDR) Therapy.

Aenea Marella merupakan seorang psikolog klinis dewasa yang menempuh Pendidikan S1 di Universitas Indonesia dan Magisternya di Universitas yang sama. Pendekatan metode terapi yang sering ia gunakan adalah ecletic approach, dan terkadang juga dengan pendekatan kognitif perilaku. Aenea aktif  berpraktik di RS Carolus Gading Serpong dan Nest BSD dan sebagai staf pengajar paruh waktu di Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya selain sebagai associate aktif di Yayasan Pulih.

Fuye Ongko menempuh  Pendidikan Magister Profesi Klinis Anak di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Metode Terapi yang ia gunakan adalah konseling berdasarkan traumatology dan EMDR trauma terapi. Tidak hanya aktif sebagai associate di Yayasan Pulih, dia juga aktif sebagai associate psychologist di , Smilekid Clinic, Libera Insani.

Ika Putri Dewi, psikolog anak dan remaja, yang sudah bergabung di PULIH sejak tahun 2011. Ika merupakan lulusan Atmajaya S1 pada tahun 1993, dan profesi psikologi pada tahun 2000. Dia berpengalaman dan menaruh perhatian besar dalam penanganan masalah pola asuh, masalah klinis pada anak & remaja & diagnosanya, kasus traumatis akibat kekerasan, masalah perkembangan & pendidikan serta “common problem” pada anak & remaja menyangkut usia perkembangannya. Dia memiliki minat yg luas, karena menurutnya individu itu semestinya dilihat dahulu secara utuh  dan kompleks agar dapat dipahami akar persoalannya, sehingga dibutuhkan keluasan pemahaman & pengalaman terhadap beragam kasus. Pada akhirnya, setiap perjumpaannya dengan orang lain diantaranya para klien, dimaknai bukan sebagai kebetulan tetapi Tuhan yg merencanakan sehingga dia merasa hanya perlu melakukan yang terbaiknya dari dirinya untuk setiap orang yang ia jumpai.

Nania Permatasari Bukit merupakan salah satu associate psikolog di Yayasan Pulih. Dia mendapatkan gelar Magister Psikologi Klinis Dewasa setelah di Unika Atmajaya. Selain aktif di Yayasan Pulih dia juga aktif di Pion Clinician, selain itu ia juga aktif di Unika Atmajaya sebagai salah satu dosen disana. Nania, biasa dia dipanggil tertarik dengan kasus-kasus terkait pengembangan diri, pasangan dan keluarga, parenting, masalah emosi, kecemasan dan Depresi.

Lintang Mas Melati adalah seorang psikolog klinis dewasa . Bergabung di Yayasan Pulih sebagai psikolog associate sejak tahun 2018. Ia menyelesaikan studi S1 di Fakultas Psikologi di Universitas Indonesia dan melanjutkan studi S2 Magister Profesi Psikologi Klinis Dewasa di Universitas Tarumanagara. Ia memiliki peminatan dalam penanganan isu KDRT, KDP, dan isu-isu relationship pada umumnya. Pendekatan terapi yang digunakan adalah Cognitive Behavioral Therapy (CBT), Brainspotting, dan Eye Movement Desensitization and Reprocessing (EMDR) Therapy.

Adisa Mustikawati, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Dia merupakan Psikolog Klinis Anak dan Remaja yang menempuh Pendidikan Sarjana di Universitas Paramadina dan Magister Profesi Psikologi di Universitas Tarumanegara.  Selain aktif sebagai Psikolog Associate di Yayasan Pulih, ia juga aktif di Klinik Ruang Tumbuh, Layanan Psikologi Bileva, dan Konsultasi Online Alodoc dan Halodoc. Metode terapi yang sering dia gunakan yaitu, Konseling, Theraplay, SFBT, CBT dan Ground Therapy. Dalam prakteknya, Adisa mimiliki minat untuk menangani kasus-kasus Tumbuh Kembang, Pola Asuh, Masalah emosi dan Perilaku anak-remaja , Tes Minat Bakat, Tes IQ, Tes Kesiapan Masuk Sekolah, dan Tes Kepribadian.

Indriyani Virginia, M.Psi., Psikolog.  Merupakan associate psikolog lulusan S1 Psikologi Unpad dan Magister Psikologi Universitas Tarumanagara dengan bidang kekhususan Klinis Dewasa. Metode Pendekatan yang ia gunakan antara lain Art Therapy, CBT, Brainspotting, Ego State Therapy, dan SFBT.  Concern Masalah yag menajdi minatnya antara lain Kecemasan, Depresi, Trauma, Pasangan, Pernikahan Dan Orientasi Seksual. Selain aktif di Yayasan Pulih ia juga aktif sebagai Konselor sekolah di Yayasan Yasporbi dan Klee.id.

Maria Puspita adalah seorang Psikolog Klinis Dewasa yang menempuh pendidikan S1 Psikologi dan S2 Psikologi Profesi Klinis Dewasa di Universitas Tarumanagara. Saat ini ia aktif sebagai Psikolog Klinis Dewasa dan assessor di beberapa klinik dan lembaga di Jakarta. Kasus atau isu yang menjadi keahliannya adalah gangguan emosi, kekerasan dalam hubungan, serta pernikahan. Pendekatan terapi yang digunakan adalah Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dan Solution-Focused Brief Therapy (SFBT).

Fania Kusharyani, M.Psi., Psikolog merupakan lulusan S1 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan S2 Klinis Anak Fakultas Psikologi Universitar Tarumanegara.  Pendekatan terapi yang ia gunakan antara lain Brainspotting dan CBT. Concern kasus yang diminatinya terkait dengan permasalahan trauma dan emosi pada anak. Selain aktif di Yayasan Pulih, ia juga aktif di Klinik Brawijaya Kemang (TgaGenerasi) dan Klinik Pela 9.

Nur Hidayati Handayani (Handa) adalah lulusan Magister Konseling dari Universitas Auckland, Selandia Baru. Handa memiliki spesialisasi di bidang trauma, remaja, depresi, gender dan orientasi seksual. Pendekatan yang digunakan dalam konseling adalah eklektik, yaitu campuran beberapa jenis pendekatan konseling untuk menyesuaikan kebutuhan klien. Selain di Yayasan Pulih, Handa aktif menjadi konselor di International Wellbeing Center dan menjadi konsultan lepas beberapa lembaga non-profit di dalam maupun luar negeri.

Mario Manuhutu. Merupakan associate psikolog di Yayasan Pulih lulusan S2 Profesi Psikologi Klinis Anak. Kasus-kasus yang ditangani olehnya sebagian besar isu perilaku anak, pengasuhan orangtua, masalah pada remaja dan usia dewasa awal terutama kecemasan. Selama 3 tahun terakhir ia telah berkutat dengan isu intervensi psikososial untuk komunitas pengungsi di Bangkok, Thailand. Selain aktif di Yayasan Pulih, dia juga berpraktek di Klinik Terpadu Psikologi UI dan Iradat Konsultan di divisi Employee Assistant Programme.

Nurindah Fitria, M. Psi, Psikolog. Merupakan salah satu Psikolog Associate di Yayasan Pulih. Dia merupakan lulusan S1 Psikologi dan S2 Profesi Psikologi Klinis Dewasa dari Universitas Indonesia. Ia sudah menjadi associate di Yayasan Pulih sejak Oktober 2018. Metode pendekatan yang biasa ia gunakan yaitu, Konseling, CBT, Ego State Therapy, Acceptance Commitment Therapy. Concern Kasus yang ditangani antara lain kecemasan, trauma, masalah pra-nikah, masalah pernikahan, KDRT, KDP. Selain aktif sebagai salah satu associate di Yayasan Pulih, ia juga aktif sebagai penulis. Salah satu karyanya berjudul ¨Kapan siap nikah?¨

Psikolog Lainnya:

  1. Muhammad Ari Wibowo,M.Psi.,Psikolog
  2. Andrea Kusum Putri Mahdi,M.Psi.,Psikolog
  3. Fidia Hanan Zahara,M.Psi.,Psikolog
  4. Cynthia Eveline,M.Psi.,Psikolog
  5. Teddy Kurniawan Kawi,M.Psi.,Psikolog
  6. Fitria Maharani H.P,M.Psi.,Psikolog
  7. Distyana Dahlia,M.Psi.,Psikolog
  8. Yovie Syafitri,M.Psi.,Psi
  9. Indriyaningsih,M.Psi.,Psikolog
  10. Clarissa Tania,M.Psi.,Psikolog
  11. Irma karmila,M.Psi.,Psikolog
  12. Isni Noviansyah,M.Psi.,Psikolog
  13. Saryanti Andriana,M.Psi.,Psikolog
  14. Chandradewi kusristanti,M.Psi.,Psikolog
  15. Ingrid Karli,M.Psi.,Psikolog
  16. Ariny oktaviany,M.Psi.,Psikolog
  17. Delfian Tri Bandoro,M.Psi.,Psikolog
  18. Elce Hidayat,M.Psi.,Psikolog
  19. Dini Apdelina,M.Psi.,Psikolog
  20. Noridha Weningsari,M.Psi.,Psikolog
  21. Astari Nuryandani,M.Psi.,Psikolog
  22. Ahastari Nataliza,M.Psi.,Psikolog
  23. Putri Langka,M.Psi.,Psikolog
  24. Nurhuzaifah Amini M.Psi., Psikolog
  25. Intan diani Budiman,M.Psi.,Psikolog
  26. Beta Kurnia Arriza,M.Psi.,Psikolog
  27. Wulan Suci Mokobombang,M.Psi.,Psikolog
  28. Vini Wardhanie,M.Psi.,Psikolog
  29. Euis Desy Mayangsari,M.Psi.,Psikolog
  30. Emellia,M.Psi.,Psikolog
  31. Zia Majaiatul Arobiah,M.Psi.,Psikolog
  32. Nia Pratika Santi,M.Psi.,Psikolog
  33. Regina Octavianti,M.Psi.,Psikolog
  34. Rahmaya Sholiha,M.Psi.,Psikolog
  35. Nashwa Oelfy,M.Psi.,Psikolog
Translate »